Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting

Perempuan-Perempuan Hebat dalam Lintasan Sejarah

  • Bagikan
Perempuan Hebat
Perempuan Hebat. Foto oleh Suzy Hazelwood dari Pexels

Saya selalu tertarik mengikuti sejarah panjang perempuan-perempuan hebat. Yang punya peran sentral dalam menata kehidupan publik. Apalagi terlibat langsung mengatur jalannya imperium dunia. Berbagai penyelidikan historis yang dilakukan secara pribadi membuktikan, perempuan juga memiliki peran signifikan terhadap jalannya peradaban suatu bangsa.

Akuilah dengan jujur, bahwa perempuan juga istimewa. Mahluk yang selalu dipandang sebelah mata ini, justru menyimpan kekuatan yang tidak dipunyai kaum pria. Terkadang, tangan kiri mereka sibuk menimang bayi, lalu secara bersamaan, yang kanan mantap menggenggam dunia. Yang kiri lembut mengayun, yang kanan mengepal ke “muka” (depan).

Mari sejenak kita kenali Cleopatra di Mesir, Ratu Kunti di India, Joan of Act di Perancis, Sayidah Khadijah di Islam, dan Gayatri Rajapatni di Indonesia. Mereka adalah sederet nama yang menorehkan kisah kepahlawanan, yang hingga kini, masih dikenang dalam ingatan banyak orang. Bila selama ini kaum pria terlanjur banyak dipuja hanya karena dianggap paling unggul, namun faktanya, mereka tak selalu hebat seperti yang selama ini kita kira. Dalam banyak hal, kaum pria pun, tak sedikit berada di bawah kendali perempuan.

Pada beberapa tahun yang lalu, saya pernah membaca biografi Cleopatra, ratu jelita kebanggaan masyarakat Sunga Nil, Mesir. Dikenal dengan kecantikannya yang eksotis dan memesona, dia pikat hati banyak pria, tak terkeculi dua petinggi Romawi: Julius Caesar dan Mark Antony. Konon, perempuan ini pula yang menjadi salah satu penyebab kehancuran Romawi Kuno.

Beli template Wordpress premium Indonesia
  • Bagikan

Respon (2)

Komentar