Aplikasi Pembayaran Tagihan Air
Aplikasi Pembayaran Tagihan Air

Apa Itu Artificial Intelligence?

Artificial intelligence ada manfaatnya dan juga ada bahayanya

Apa itu Artificial Intelligence | baniakoy.com menebar manfaat dan berbuat kebaikan | Situs tutorial, tips dan trik | Info Lowongan Kerja
Apa itu Artificial Intelligence | baniakoy.com menebar manfaat dan berbuat kebaikan | Situs tutorial, tips dan trik | Info Lowongan Kerja. Foto oleh Alex Knight dari pexels.com
Beli template Wordpress premium Indonesia

Artificial Intelligence, atau AI, merujuk pada kemampuan sebuah komputer atau mesin untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. Ini termasuk hal-hal seperti mengerti bahasa, mengenali gambar, membuat keputusan, dan menyelesaikan masalah. Ada banyak jenis AI yang berbeda, termasuk narrow atau weak AI, yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu, dan general atau strong AI, yang dirancang untuk melakukan setiap tugas intelektual yang dapat dilakukan oleh seorang manusia. AI memiliki potensi untuk merombak banyak industri dan mempermudah kehidupan kita, tetapi juga menimbulkan masalah etis dan sosial yang perlu dipertimbangkan dengan hati-hati.

Artificial intelligence, atau AI, adalah teknologi yang memungkinkan komputer atau mesin untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. Tugas-tugas tersebut dapat meliputi pemahaman bahasa, pengenalan wajah dan objek, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah.

AI dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, di antaranya:

  1. Narrow AI (AI sempit) adalah AI yang hanya dapat melakukan tugas-tugas tertentu. Misalnya, mesin pembelajaran (machine learning) yang digunakan untuk mengidentifikasi spam email.
  2. General AI (AI umum) adalah AI yang mampu melakukan berbagai macam tugas intelektual seperti yang dapat dilakukan oleh manusia. Saat ini, general AI masih merupakan hal yang futuristik dan belum ada.
  3. Supervised AI adalah AI yang dilatih dengan menggunakan data yang telah diberi label. Misalnya, jika kita ingin membuat mesin pembelajaran untuk mengidentifikasi gambar kucing, kita perlu memberikan banyak gambar kucing yang telah diberi label sebagai “gambar kucing” kepada mesin tersebut sehingga ia bisa belajar mengenali ciri-ciri kucing.
  4. Unsupervised AI adalah AI yang dilatih dengan menggunakan data yang tidak diberi label. Misalnya, jika kita memberikan banyak gambar kepada mesin pembelajaran tanpa memberi tahu mesin tersebut apa yang ada di dalam gambar tersebut, mesin tersebut akan mencoba menemukan pola-pola dan kategori sendiri.
BACA  Contoh Baik Yang Sudah Dilakukan Dalam Penggunaan Artificial Intelligence

AI dapat membantu kita dalam berbagai bidang, misalnya dalam bidang kesehatan, transportasi, dan lain-lain. Namun, AI juga menimbulkan masalah etis dan sosial yang perlu dipertimbangkan dengan hati-hati. Masalah-masalah tersebut dapat meliputi kekhawatiran tentang pengangguran akibat terjadinya penggantian manusia oleh mesin, masalah privasi, dan kekhawatiran tentang kontrol manusia atas teknologi yang semakin canggih.

Respon (1)

Komentar

%d blogger menyukai ini: