Aplikasi Pembayaran Tagihan Air
Aplikasi Pembayaran Tagihan Air

Contoh Buruk Dari Artificial Intelligence

Dalam memanfaatkan AI harus sudah terukur dampaknya

Contoh dari pemanfaatan Artificial Intelligence - baniakoy.com menebar manfaat dan berbuat kebaikan
Contoh dari pemanfaatan Artificial Intelligence - baniakoy.com menebar manfaat dan berbuat kebaikan. Foto oleh Pixabay. Dari pexels.com
template wordpress

Sebelumnya sudah dibahas apa itu Artificial Intelligence, dan sekarang ada beberapa contoh buruk dari artificial intelligence yang pernah terjadi, di antaranya:

  1. Pemakaian mesin pembelajaran oleh polisi di Amerika Serikat untuk memprediksi kemungkinan terjadinya kejahatan di suatu wilayah. Namun, mesin tersebut ternyata lebih sering memberikan prediksi yang salah di wilayah-wilayah yang didominasi oleh minoritas etnik, sehingga menimbulkan kecurigaan bahwa mesin tersebut menunjukkan bias racial.
  2. Penggunaan chatbot oleh sebuah perusahaan asuransi untuk menjawab pertanyaan pelanggan. Chatbot tersebut ternyata tidak dapat menjawab pertanyaan yang cukup rumit, sehingga pelanggan menjadi frustrasi.
  3. Penggunaan AI untuk menyaring lamaran kerja. Meskipun AI dapat membantu perusahaan dalam menyaring lamaran dengan cepat, AI juga ternyata mampu menunjukkan bias gender dan ras.

AI dapat membantu kita dalam banyak hal, namun kita juga harus hati-hati dalam menggunakannya karena AI dapat menunjukkan bias yang tidak disadari. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa AI yang kita gunakan diuji dengan benar dan tidak menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat.

BACA  Persiapan Tahun 2023 Menurut Artificial Intelligence

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *