Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting

Membangun Tim Ventura Baru dan Merencanakan Generasi Berikutnya

  • Bagikan
Membangun Tim Ventura Baru dan Merencanakan Generasi Berikutnya
Membangun Tim Ventura Baru dan Merencanakan Generasi Berikutnya. Foto oleh Miguel Á. Padriñán dari Pexels

Pada organisasi manapun baik perusahaan nasional atau perusahaan swasta, pembahasan terkait leadership adalah hal fokok paling penting untuk dibahas kaitannya dengan kesuksesan dan hasil yang didapatkan di masa depan. Leadership itu sendiri adalah sosok subjek yang memiliki jiwa kepemimpinan dan menguasai syarat-syarat tertentu untuk menjadi seorang pemimpin. Pemimpin dibentuk dengan proses dan tempaan sehingga menjadi seorang yang memang memiliki pengetahuan untuk mengelola dan dapat melakukan proses untuk mempengaruhi dan bahkan menginspirasi orang lain. Seorang pemimpin akan bertanggungjawab dalam membangun manajemen yang efektif berdasarkan visi dan misi perusahaan.

Agar proses kepemimpinan berjalan efektif, seorang pemimpin harus dapat mengusai medan terlebih dahulu, sehingga dapat terbangun kondisi perusahaan yang kondusif dan produktif. Seorang pemimpin harus fokus pada tujuan dan proses; dengan memahami tujuan secara konfrehensif akan dapat membuat beberapa langkah-langkah yang efektif sebagai proses untuk mencapai tujuan. Jika pemimpin dapat mengelola hal seperti ini maka akan ada timbal balik dari lingkungan dan karyawan yaitu dengan terciptanya iklim kepercayaan yang baik pada organisasi khususnya kepercayaan kepada pemimpin.

Selain faktor-faktor pendukung seperti kelihaian dalam berkomunikasi, seorang pemimpin harus mengerti tugas vital yang harus dilakukannya seperti mengelola sumber daya manusia dan memperhatikan estapeta kepemimpinan berikutnya. Dalam mengelola sumber daya manusia, seorang pemimpinan harus dapat membuat kebijakan dengan baik, diantaranya selalu meningkatkan kapasitas karyawan agar pengetahuan dan keterampilannya dapat terus meningkat.

Seorang pemimpin harus dapat membangun tim yang solid dan kuat. Oleh karena itu dalam perekrutan karyawan, seorang pemimpin melalui bagian HRD nya harus dapat merumuskan kriteria yang cocok dan diharapkan kontribusi posisitfnya bagi perusahaan kelak. Karena jika terjadi perekrutan yang buruk kemungkinan besar karyawan yang dihasilkan tidak qualified. Kemudian seorang pemimpin harus dapat memberikan arahan yang jelas kepada HRD serta memberikan kebebasan untuk bereksplorasi.

Beli template Wordpress premium Indonesia
  • Bagikan

Komentar