Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting

Mindset Membuat Rencana Bisnis

  • Bagikan
Mindset Membuat Rencana Bisnis
Mindset Membuat Rencana Bisnis. Foto oleh Startup Stock Photos dari Pexels

Seorang entrepreneur tidak bisa lepas dalam melakukan suatu rencana bisnis atau business plan, dalam statistik menunjukkan perusahaan yang memiliki rencana bisnis lebih mampu bertahan. Rencana bisnis merupakan suatu usulan dari seorang wirausahawan terkait bisnis usaha yang akan dijalankan dengan dilengkapi dengan beberapa persyaratan pendukung lainnya seperti adanya rincian operasional dan keuangan, melakukan analisa peluang dan membangun strategi pemasaran dan juga seorang wirausahawan harus memiliki modal dasar dalam hal keterampilan dan kemampuan manajerial dalam mengelola bisnis usahanya. Hal ini penting agar usahanya dapat berjalan dengan manajemen yang jelas, baik aturan atau tujuan yang ingin dicapai.

Ada terdapat tiga fungsi esensial yang dilakukan dalam rencana bisnis, beberapa hal ini bisa menjadi pondasi dasar bagi perusahaan untuk dapat fokus dengan apa yang akan dilakukan dan didapatkan dimasa depan. Fungsi-fungsi rencana bisnis esensial tersebut antara lain:

  • Mampu membimbing perusahaan dengan melakukan pemetaan arah masa depan dan menentukan strategi yang mengikutinya. Rencana bisnis harus dapat menganalisa dan memetakan arah masa depan dari suatu perusahaan, karena organisasi apapun jika tidak memiliki planning dalam mencapai suatu usahanya maka proses organisasi tersebut akan sia-sia. Disamping itu harus pula diikuti dengan langkah strategi yang dapat mendorong pencapaian perusahaan di masa depan.
  • Selanjutnya terkait kebutuhan perusahaan terkait modal, rencana bisnis harus dapat menarik pemberi pinjaman dan investor untuk menyediakan modal yang dibutuhkan oleh perusahaan. Hal ini tidak menutup kemungkinan perusahaan membutuhkan modal lebih untuk meningkatkan produktivitas usahanya dengan menambahkan modal usaha.
  • Selanjutnya seorang pengusaha dalam rencana bisnis ini harus memahami usaha bisnisnya dan menjelaskan hal-hal yang dapat membuat bisnis ini dapat berhasil. Dalam hal ini jiwa visioner haruslah lebih dominan agar wawasan ke depan lebih luas dalam mengembangkan bisnis usahanya.

Dan yang menarik dalam rencana bisnis ada beberapa kriteria yang harus dilalui dan dipenuhi agar dapat dinyatakan rencana lulus tes, antara lain:

  • Yang pertama melakukan uji realistis, ini penting untuk melihat dan membuktikan bahwa adanya pangsa pasar untuk produk dan layanan bisnis, dan ini dapat dibangun atau disediakan melalui perkiraan biaya dalam perencanaan.
  • Selanjutnya melakukan uji kompetitif, perusahaan harus mempunyai nilai tambah lebih tinggi dari pesaing, relative lebih tinggi untuk bisa menarik kemitraan dari perusahaan lain, tidak semata mata dipengaruhi oleh keuntungan tapi untuk membedakan persaingan diantara perusahaan.
  • Yang terakhir adalah tes uji nilai, membuktikan bahwa usaha kerjasama dapat menawarkan investor atau pemberi pinjaman dengan tingkat pengembalian yang lebih tinggi sehingga dapat menarik.

Sebenarnya mengapa seorang wirausahawan harus merangkai atau membuat sebuah rencana bisnis, walaupun dengan rencana bisnis tidak serta merta akan menjadikan usaha dapat berhasil, namun jika dilihat dari sisi positifnya dengan melakukan rencana bisnis akan lebih memungkinkan usaha dapat berhasil karena ada perencanaan bisnis yang jelas yang dapat dilakukan. Sebab dengan rencana bisa dijadikan sebagai blue print atau peta dalam menjalankan bisnis atau usaha, dan akan bertolak belakang jika usaha atau bisnis tidak memiliki rencana bisnis, tentunya sudah dapat dipastikan usaha atau bisnis tersebut tidak bisa dinamis dalam melakukan strategi pengembangan bisnis kedepannya.

Rencana bisnis harus dibuat sebagai dokumen panduan yang terkandung didalamnya beberapa elemen kunci dalam rencana bisnis, menentukan judul yang simple dan tepat merupakan salah satu kunci penting dalam rencana bisnis, ringkasan eksekutif, visi dan misi untuk menjabarkan rencana kedepan dari rencana bisnis, sejarah perusahaan profil bisnis dan industry, lalu jabarkan rencana bisnis aanda disini dilanjutkan dengan deskripsi produk/jasa yang akan dibuat, strategi pemasaran yang akan dijalankan lalu lokasi dan tata letak itu akan menganalisis apakah bisnis dengan lokasi itu bisa memiliki keakuratan dalam analisis konsumen, dan tidak kalah penting adalah analisis pesaing.

Rencana yang baik harus dapat menjabarkan secara baik antara misi, sasaran dan tujuan bisnis. Harus diingat bahwa tidak ada yang bisa membuat rencana untuk anda jadi anda harus membuat bisnis plan sendiri dan anda harus optimis dan tentunya dapat dilakukan oleh beberapa langkah analisa.

Siapkan rencana bisnis dengan baik dengan beberapa tips rencana bisnis yang dapat dimanfaatkan. Pastikan rencana bisnis memiliki sampul dan isi yang menarik.

== (( )) ==

Beli template Wordpress premium Indonesia
  • Bagikan

Komentar