Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Festival Cengkok Karya Mandiri Balaraja Tangerang Banten

Membangun Tim Ventura Baru dan Merencanakan Generasi Berikutnya

Membangun Tim Ventura Baru dan Merencanakan Generasi Berikutnya
Membangun Tim Ventura Baru dan Merencanakan Generasi Berikutnya. Foto oleh Miguel Á. Padriñán dari Pexels

Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan dalam melakukan perekrutan karyawan diantaranya melakukan perekrutan di kampus-kampus dan menggunakan internet sebagai media iklan. Diharapkan dengan mentarget kampus yang merupakan kumpulan warga intelektual, perusahaan akan mendapatkan karyawan yang memiliki nilai plus dan dapat mengisi posisi sesuai dengan analisis jabatan yang sudah dilakukan serta mampu memenuhi kebutuhan sesuai dengan job description yang sudah ditentukan.

Dalam melakukan perekrutan karyawan yang baru sebaiknya dilakukan wawancara yang efektif untuk dapat menggali informasi dari pelamar. Agar wawancara dapat efektif maka harus dipersiapkan terlebih dahulu pointer pertanyaan yang akan ditanyakan. HRD dapat melihat referensi pelamar dengan tujuan untuk dapat melihat siapa yang mereferensikan pelamar tersebut. Semakin baik orang yang mereferensikannya maka kemungkinan pelamar tersebut juga akan baik. Jika perusahaan sudah mengenal orang yang mereferensikan kemungkinan besar pula perusahaan akan dengan cepat memutuskan diterima atau tidaknya pelamar tersebut.

Perusahaan akan membangun budaya yang positif dalam lingkungan kerjanya, hal ini tentunya dengan syarat perusahaan harus memperkerjakan karyawan yang tepat karena sangat penting dalam membangun sebuah perusahaan. Proses analisis jabatan dan membuat deskripsi pekerjaan praktis serta spesifikasi pekerjaan dalam menentukan karyawan yang tepat merupakan point yang harus dilakukan. Setelah merekrut karyawan, tahap selanjutnya membuat deskripsi pekerjaan, pernyataan tertulis dari tugas, tanggung jawab, hubungan pelaporan, kondisi kerja dan bahan-bahan dan peralatan yang digunakan dalam pekerjaan.

Untuk dapat memotivasi karyawan, maka perusahaan dapat melakukan beberapa strategi efektif diantaranya memotivasi karyawan dengan memberikan hadiah dan konfensensi berbasis hasil kerja. Kemudian perusahaan dapat juga memotivasi karyawan dalam bentuk pujian yang merupakan sebuah motivator yang murah namun cukup ampuh memberikan motivasi kepada karyawan sehingga menjadi lebih semangat lagi.

BACA  Mindset Membuat Rencana Bisnis

Terakhir perusahaan harus memiliki rencana suksesi sebagai bentuk keberhasilan perusahaan dalam estapeta generasi lama ke generasi baru. Rencana suksesi ini harus disiapkan sedini mungkin karena membutuhkan proses yang lama, maka mempersiapkan sosok pengganti – yang biasanya kebanyakan dari kalangan keluarga walaupun tidak selalu – merupakan langkah awal yang tepat. Kemudian rencana suksesi ini diikuti oleh langkah-langkah selanjutnya yang produktif dan efektif dalam sebuah manajemen suksesi yang sudah disiapkan secara matang.

Diharapkan dengan adanya rencana suksesi ini perusahaan akan memiliki pemimpinan masa depan yang sudah teruji dan berpengalaman karena dibentuk bersamaan dengan proses berjalannya perusahaan tersebut. Sehingga perusahaan akan dapat terus berkembang dan maju didukung oleh manajemen dari mulai manajemen top sampai dengan tim dibawahnya.

template wordpress

Komentar