Seni Strategi Pemasaran Bagi Seorang Entrepreneur

  • Bagikan
Seni Strategi Pemasaran Bagi Seorang Entrepreneur
Seni Strategi Pemasaran Bagi Seorang Entrepreneur. Foto oleh Kaboompics .com dari Pexels

Strategi pemasaran adalah aksi dari sebuah seni yang didasarkan pada hasil riset berupa pengalaman para terdahulu. Pengalaman adalah guru terbaik yang bisa digunakan oleh penerusnya pada kegiatan yang sama dan dalam hal ini adalah bidang usaha atau bisnis. Seni tersebut adalah memahami pelanggan dan kondisi yang terjadi, sebagai contoh dalam hal penentuan harga barang atau jasa. Jika penentuan harga tidak didasari dengan ilmu strategi pemasaran maka akan menjatuhkan nilai dari barang atau jasa tersebut di mata pelanggan.

Karena penentuan harga tidak bisa semena-mena, hal ini perlu dilihat secara cermat dan dengan seksama. Jangan sampai harga membuat pelanggan berfikir kemahalan tanpa ada penawaran nilai tambahnya atau bahkan kemurahan yang sebenarnya akan menjatuhkan nilai dari barang dan jasa tersebut. Menurunkan harga bisa dilakukan dengan sistem promo atau diskon, hal ini lebih elegan daripada tebang pilih pada pelanggan-pelanggan yang ada. Semua ini dilakukan agar pelanggan tetap setia dan mau membeli atau membayar barang dan jasa yang ditawarkan.

Baca juga: tag php mysqli

Untuk dapat memenangkan pasar dalam dunia bisnis tentu wajib memahami dan mengusai strategi pemasaran dari suatu barang atau jasa. Adapun tiga sumber daya yang paling penting untuk dapat memenangkan pasar diantaranya yang utama adalah orangnya. Orang disini haruslah sosok yang tepat dan memang memiliki jiwa pemasaran serta ahli dalam strategi pemasaran. Orang tersebut harus fleksibel dalam melihat kondisi yang sedang terjadi sehingga tidak kaku terhadap aturan struktural sekalipun.

  • Bagikan

Komentar