Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Jasa desain web di banten

Isra Mikraj dalam Perjalanan Imajinal Mohamad Iqbal

Javid Namah Kitab Keabadian Karya Mohammad Iqbal
Javid Namah Kitab Keabadian Karya Mohammad Iqbal

******

Dalam tradisi tasawuf, isra mikraj adalah momen pertemuan dua kekasih yang saling ingin melepas rindu. Sebab rindu, kata Rumi, hanya bisa ditebus oleh temu. Allah telah memperjalankan hamba-Nya, Nabi Muhammad, untuk sampai kepada-Nya. Ini adalah undangan spesial yang tidak banyak manusia bisa mengalaminya. Ibn Sînâ dalam Al Isyârât wa Al Tanbihât mengatakan: “Singgasana Ilahi tinggi dan tak bertepi, sehingga tidak dapat diraih oleh para pencari, dan tak dapat dipahami sesuatu darinya, kecuali sebagian kecil saja dari mansuia”. Lantas bagaimana dengan manusia biasa seperti kita? Apakah kita bisa mengalami hal semacam itu?

Kita pun akan bisa mengalami pengembaraan ruhani (mikraj) selama mampu menghilangkan segala kemelekatan dalam diri: nafsu (ego), materi, pangkat, jabatan, kesombongan, iri, dengki, dan sifat tercela lain. Mengosongkan diri (takhallî) dari seluruh atribut dunia dan kemelekatan materi, lalu kemudian mengisinya (tahallî) dengan sifat dan asma Illahi. Hingga pada akhirnya menjadi manusia paripurna (insân al-kâmil), manusia sempurna yang mampu menerima manifestasi (tajjalî) Tuhan. Nabi pun pernah bicara tentang kemungkinan pengalaman mikraj yang juga bisa dialami umatnya. Dia bersabd: “Al Sholâtu Mi’râj al Mu’minîn”, solat adalah tangga spiritual kaum mu’min. Solat adalah momen penghadapan seorang hamba kepada Sang Pencipta secara personal. Dan itu harus dilakukan—kalau boleh menggunakan konsep Siti Jenar, Solat Daim—solat yang mengilangkan segala kemelekatan dalam hati.

Sebagai penutup, semoga kita semua menjadi golongan yang mampu mengambil hikmah peristiwa isra mikraj Nabi Muhammad dan merefleksikannya dalam kehidupan. Kita juga berharap bisa meneladani dakwahnya yang santun, ramah, tanpa caci maki. Nabi Muhammad adalah guru tentang kata-kata, yang tidak menusuk dan berteriak (memaki). Selamat memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad 1443 H.

BACA  Pemuda Dan Strategi Pembangunan Desa
template wordpress

Komentar