Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Jasa desain web di banten

Isra Mikraj dalam Perjalanan Imajinal Mohamad Iqbal

Javid Namah Kitab Keabadian Karya Mohammad Iqbal
Javid Namah Kitab Keabadian Karya Mohammad Iqbal

Konon, para penyair pra-Islam, seperti Umru Al-Qais (bukan dalam kisah Laila dan Majnun), Labîd ibn Rabî’ah, Tarafah ibn Al ‘Abd, Harîts ibn Hillizah, Amr ibn Kultsûm, Zuhair ibn Abî Salmâ, dan ‘Antarah ibn Syadâd sangat menguasai Al-‘Arûdh wa Al-Qawâfî. Mereka dijuluki Sab’u al-Mu’allaqât (tujuh penyair yang karyanya ditempel di dinding Ka’bah) oleh sebab kemahirannya dalam mengubah sajak. Saya pribadi cukup bersyukur pernah dikenalkan dengan ketujuh penyair besar pra-Islam itu oleh Ustadz Umar Syarifudin pada mata pelajaran Fî al-Syi’r al-Jâhili saat masih di Subulussalam.

Seiring berjalannya waktu, kabut tebal itu mulai terurai. Sedikit demi sedikit. Terutama sejak saya diperkenalkan pemikiran Mohamd Iqbal oleh Miming Ismail, Boy Ahmad Bahromi, Ahmad Rifki, Hudori Husna dan Edi Benkit di forum kajian Komunitas Pintu Terbalik (Koplik), Ciputat. Perlahan-lahan saya membaca karya-karya Iqbal: Metafisika Persia (disertasi Iqbal yang dibukukan), Asrar-i- Khudi (Rahasia-rahasia Diri), Payam-i Masyriq (Pesan untuk Timur), Sisi Manusiawi Iqbal (Catatan Harian Iqbal), Reconstruction of Religious Thought in Islam (Rekonstruksi Pemikiran Religius dalam Islam), dan buku yang kita bicarakan ini, Javid Namah.

Saya selalu yakin dengan evolusi pemahaman. Apapun pengetahuan yang semula tidak kita pahami, suatu ketika nanti akan kita pahami. Asalkan kita mau membaca. Dan terus membaca. Plato pernah mengatakan, semua bentuk pengetahuan di dunia pernah kita miliki saat jiwa masih di alam idea, alam pra-eksistensi. Namun ketika jiwa terlahir, dan masuk ke dalam tubuh, maka seluruh pengetahuan itu menghilang. Jiwa jadi terpenjara di ruang gelap materi (tubuh). Karena itu, kata Plato, perlu ada “pengenalan” (membaca) sebagai upaya mengingat kembali (anamnesis). Membaca adalah cara kita menghadirkan kembali pengetahuan yang sebelumnya kita pahami.

BACA  Hidup Menuju Kematian
template wordpress

Komentar