Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting

Helicopter View Cara Berpikir Sistematis

  • Bagikan
Helicopter View
Helicopter View. (Sumber : Nggili, 2016)

Helicopter view merupakan istilah yang merepresentasikan tentang cara melihat seluruh sistem dari berbagai aspek (tidak terpaku dalam 1 aspek) sehingga dapat menghasilkan keputusan terbaik untuk masalah pada sistem tersebut.

Kalau pas naik helikopter, pasti akan terlihat dengan jelas bagaimana kondisi di daratan dengan jelas. Utuh hampir menyeluruh, lebih detail dan lugas. Daripada ketika naik ke atas gedung bertingkat, lalu memandang pemandangan daratan hanya satu arah saja (bila pandangan ke depan maka pandangannya memang satu arah saja), dan itupun tak semua daratan luas di bawahnya terlihat detail.

Helicopter views berarti memang tidak hanya satu tingkatan saja tetapi beberapa tingkatan sekaligus dari yang terdetail hingga yang terabstrak (mikro ke makro). Terkadang kita terjebak dalam tingkatan dunia mikro, kita mencoba mencari solusi pada tingkat mikro tetapi tidak menyelesaikan permasalahannya, kenapa? Karena mungkin problemnya adalah pada struktur makronya.

Katakanlah sebagai contoh dalam organisasi perusahaan produksi baju. Sebuah keputusan manajemen pemasaran tidak semata menimbang keputusan dari satu pihak manajemen tersebut. Tetapi adalah kesemuanya dipertimbangkan. Menjadi satu kesatuan pertimbangan dengan tetap mengacu pada visi, misi dan tujuan perusahaan yang dicapai. Bukan semata tujuan dari manajemen pemasaran. Jadi tidak hanya waktu dirapatkan di lini manajemen atas-yang melibatkan semua lini manajemen-baru melibatkan semua manajemen (keuangan, operasi, pemasaran dan SDM). Tapi ketika dirumuskan di satu pihak, maka pertimbangan sudah harus mengacu pada seluruh lini manajemen.

Pemahaman sebuah helicopter view bisa dianalogikan sama dengan pemodelan secara visual dari metode mind map. Sebuah metode sederhana, tapi kemanfaatannya tidak sederhana. Cara pandang helicopter view dan metode mind map memang bukan solusi akhir sebuah masalah secara sempurna. Hanya sebuah cara pandang yang komprehensif. Masih diperlukan penyelesaiaan akhir dengan tindakan operasional di lapangan.

BACA  Ini Jawaban Mengapa Harus Menggunakan Software Quality Assurance (SQA)

Info lowongan: Lowongan Kerja Desain Grafis Kominfo

Beli template Wordpress premium Indonesia
  • Bagikan

Komentar