Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Belajar Ngoding di Channel Sekolah Otodidak

Mengenal Data Visualizer

Memvisualkan Data
Memvisualkan Data. Foto oleh Luxas dari Pexels
Beli template Wordpress premium Indonesia

Visualisasi data adalah representasi grafis dari informasi dan data. Dengan menggunakan elemen visual seperti bagan, grafik, dan peta, alat visualisasi data menyediakan cara yang dapat diakses untuk melihat dan memahami tren, outlier, dan pola dalam data.

Di dunia Big Data, alat dan teknologi visualisasi data sangat penting untuk menganalisis sejumlah besar informasi dan membuat keputusan berdasarkan data.

Keuntungan dan manfaat visualisasi data yang baik
Mata kita tertarik pada warna dan pola. Kita dapat dengan cepat mengidentifikasi merah dari biru, persegi dari lingkaran. Budaya kita adalah visual, termasuk segala sesuatu mulai dari seni dan iklan hingga TV dan film.

Visualisasi data adalah bentuk lain dari seni visual yang menarik minat kita dan mengarahkan pandangan kita pada pesan. Saat kita melihat grafik, kita dengan cepat melihat tren dan outlier. Jika kita dapat melihat sesuatu, kita menginternalisasikannya dengan cepat. Ini bercerita dengan tujuan. Jika Anda pernah menatap spreadsheet data yang sangat besar dan tidak dapat melihat tren, Anda tahu seberapa efektif visualisasi.

Big Data ada di sini dan kita perlu tahu apa yang dikatakannya
Saat “zaman Big Data” memasuki era puncak, visualisasi menjadi alat yang semakin penting untuk memahami triliunan baris data yang dihasilkan setiap hari. Visualisasi data membantu menyampaikan cerita dengan mengkurasi data ke dalam bentuk yang lebih mudah dipahami, menyoroti tren dan outlier.

Visualisasi yang baik menceritakan sebuah cerita, menghilangkan gangguan dari data dan menyoroti informasi yang berguna. Namun, itu tidak semudah hanya mendandani grafik agar terlihat lebih baik atau menampar bagian “info” dari sebuah infografis.

Visualisasi data yang efektif adalah tindakan penyeimbangan yang rumit antara bentuk dan fungsi. Grafik yang paling sederhana bisa jadi terlalu membosankan untuk menarik perhatian atau menunjukkan poin yang kuat; visualisasi yang paling menakjubkan bisa benar-benar gagal dalam menyampaikan pesan yang tepat atau bisa berbicara banyak.

BACA  Apa Itu Data Scientist?

Data dan visual perlu bekerja sama, dan ada seni untuk menggabungkan analisis hebat dengan pengisahan cerita yang hebat.

Mengapa visualisasi data penting untuk karier apa pun
Sulit untuk memikirkan industri profesional yang tidak mendapat manfaat dari membuat data lebih mudah dipahami. Setiap bidang akan mendapat manfaat dari pemahaman data, baik di bidang pemerintahan, keuangan, pemasaran, sejarah, barang konsumsi, industri jasa, pendidikan, olahraga, dan sebagainya.

Meskipun visualisasi data dibahas secara puitis, secara praktis pada kehidupan nyata tidak dapat disangkal bahwa visualisasi sangat produktif, dan merupakan salah satu keterampilan profesional yang paling berguna untuk dikembangkan.

Semakin baik Anda dapat menyampaikan poin Anda secara visual, baik di dasbor atau dek slide, semakin baik Anda dapat memanfaatkan informasi tersebut.

Saat ini konsep ilmuwan data sedang meningkat, perangkat keterampilan berubah untuk mengakomodasi dunia yang didorong oleh data. Semakin berharga untuk dapat menggunakan data dalam membuat keputusan dengan menggunakan visual untuk menceritakan kisah tentang kapan data menginformasikan siapa, apa, kapan, di mana, dan bagaimana.

Komentar