Aplikasi Pembayaran Tagihan Air
Aplikasi Pembayaran Tagihan Air
Belajar Ngoding di Channel Sekolah Otodidak

Perbedaan Data Scientist, Data Engineer, dan Data Analyst

Kaitan Peran Antara Data Scientist, Data Engineer, dan Data Analyst
Kaitan Peran Antara Data Scientist, Data Engineer, dan Data Analyst
template wordpress
Sewa Hosting

Data Scientist, Data Engineer, dan Data Analyst adalah tiga peran yang terkait dengan pengolahan data. Namun, meskipun terlihat serupa, ketiga peran ini memiliki perbedaan mendasar dalam tugas, keterampilan, dan tujuan akhir.

Berikut adalah perbedaan antara Data Scientist, Data Engineer, dan Data Analyst:

  1. Data Scientist adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menerapkan pemahaman bisnis dari data. Data Scientist menggunakan algoritma Machine Learning dan Analisis Statistik untuk menggali wawasan dari data dan membuat keputusan bisnis yang didukung oleh data. Data Scientist juga dapat merancang dan mengembangkan model prediktif untuk mengidentifikasi tren dan pola yang relevan dari data.
  2. Data Engineer adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menyimpan, dan memproses data dalam skala besar. Data Engineer merancang dan mengembangkan infrastruktur data, termasuk basis data, sistem penyimpanan data, dan proses ETL (Extract, Transform, Load) untuk memastikan data tersedia dan dapat diakses oleh pengguna secara efektif. Data Engineer juga bertanggung jawab untuk menjaga keamanan data dan mengelola integrasi data dengan aplikasi bisnis.
  3. Data Analyst adalah orang yang bertanggung jawab untuk memproses dan menganalisis data untuk memberikan wawasan bisnis yang relevan. Data Analyst mengumpulkan data dari berbagai sumber dan melakukan analisis dasar untuk mengidentifikasi tren dan pola. Data Analyst juga merancang dan mengembangkan laporan dan visualisasi data yang membantu pengambilan keputusan bisnis.

Dalam kesimpulannya, Data Scientist, Data Engineer, dan Data Analyst memiliki peran yang berbeda dalam pengolahan data, tetapi keterampilan mereka saling melengkapi dan mendukung dalam membantu organisasi mengambil keputusan bisnis yang berdasarkan pada data.

Sewa Hosting
BACA  Mengenal Data Visualizer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *