Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting

Setan, Iblis, Dan Jin Apa Bedanya?

  • Bagikan

Siapa setan ini? dan bagaimana cara kerjanya? Jika kita tahu cara kerja setan maka kita akan paham dan mengerti ketika kita sedang di godanya.

Persoalan besar pada saat ini, manusia hanya mengatakan hati-hati dengan setan tetapi tidak tahu cara kerja setan yang sesungguhnya.

Siapa setan?
Setan mulanya adalah iblis yang tidak menuruti perintah Allah SWT untuk sujud kepada Nabi Adam AS. Dia enggan dengan respon yang tidak menyenangkan yaitu dengan gestur angkuhnya melawan perintah Allah SWT.

Iblis merupakan dari kalangan jin dan merupakan mahkluk yang tidak kasat mata alias tidak kelihatan. Tugasnya adalah menggoda manusia untuk mengarahkan pada hal-hal yang buruk.

Penciptaan jin bukan dari api
Jin bukan diciptakan dari api melainkan diciptakan dari api yang menyambar-nyambar sebagaimana yang terdapat pada QS.15:27. Api sifatnya panas, maka jin seringkali membuat panas manusia sehingga jika tersulut manusia akan berbuat sesuatu yang tidak diridhoi Allah SWT.

Jin disebut iblis dan disifati dengan sifat menyimpang atau fasaq adalah pada saat dia tidak mau sujud kepada Adam AS. Fasaq artinya menyimpang, sehingga bisa dikatakan bahwa jin sebelumnya adalah sosok makhluk yang taat kepada Allah SWT. Namun ketika Allah perintahkan untuk sujud kepada Adam AS, dia menyimpang, menolak dan sombong, abaa was takbar, maka tertutuplah semua kebaikan yang telah dilakukannya.

Jin menjadi iblis
Ketika baju kesombangan dipakai, maka semua kebaikan akan tertutup. Ibadah yang sudah dilakukan oleh jin menjadi tidak nampak karena tertutup oleh sifat kesombongannya. Pada saat jin sombong dia kemudian disebut dengan iblis.

Jin atau iblis ini merupakan makhluk yang jenius dan pintar, kepintaran ini ditunjukkan ketika Adam diturunkan ke bumi, iblis lalu mengajukan permohonan kepada Allah SWT untuk ikut turun ke bumi hanya untuk membuktikan bahwa dia lebih hebat daripada Adam AS dengan cara menggoda seluruh anak dan keturunannya mulai dari depan, belakang, kanan, dan kiri.

Kesimpulan
Saat jin disebut iblis ketika nampak karakter buruknya yaitu menolak perintah Allah dan muncul sifat kesombongannya. Lalu iblis berubah menjadi setan ketika dia menggoda manusia pada keburukan. Mari kita memohon perlindungan kepada Allah SWT dari seluruh sifat-sifat keburukan yang timbul akibat godaan setan laknatullah.

Wallahu’alam bisshowaab.
Baca juga: Ketika Rasulullah SAW Berdoa Mohon Dikirimkan Hewan Buas Untuk Utbah

Sumber:

Beli template Wordpress premium Indonesia
  • Bagikan

Komentar