Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting

Sulit Bangun Tahajud? Mungkin Ada Dosa Yang Menghalangi

  • Bagikan
Sholat Tahajud
Sholat Tahajud. Foto oleh Monstera dari Pexels

Sholat tahajud merupakan sholat yang dilaksanakan pada sepertiga malam setelah sebelumnya tidur terlebih dahulu. Pada sholat ini banyak sekali faedah dan keutamaan yang didapatkan bagi yang bisa mendirikannya.

Salah satu keutamaannya adalah Allah SWT berjanji untuk memuliakan seseorang yang melakukan sholat tahajud dengan mengangkat derajat yang lebih tinggi, baik pada kehidupan dunia ini dan juga pada kehidupan akhirat kelak.

Sholat tahajud merupakan sholat yang utama sesudah sholat wajib yang lima waktu. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW ketika Abu Hurairah r.a. bertanya kepadanya.

Sholat tahajud sangat sulit dilakukan disebabkan karena sulitnya bangun dari tidur. Berbagai faktor yang menyulitkan bangun diantaranya rutinitas kesibukan pada siang hari, dan juga karena faktor tidak terbiasanya bangun malam.

“Dan pada sebagian malam hari sembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’ : 79)

Ayat diatas jelas Allah SWT mengatakan bagi yang telah mendirikan sholat malam, maka Allah akan mengangkat ke tempat yang terpuji dan mulia di sisi-Nya.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik; mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam; dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).”  (Adh-Dhariyat 51: 15-18)

Pada sholat tahajud ini pula Allah SWT akan menghapus dosa dan kesalahan serta mengabulkan doa hamba-Nya yang bermunajat. Karena Allah SWT telah berjanji akan memenuhi doa para ahli tahajud, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Pada malam hari, ada satu saat ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah SWT memberinya. Itu berlangsung pada setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad dari Jabir)

Sholat tahajud menjaga kesehatan fisik

Sholat tahajud pun memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh, sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW:

“Lakukan sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang shalih dihadapanmu, sarana mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dosa, menghapus perbuatan salah, dan mencegah segala macam penyakit dari tubuh.” (HR Tirmidzi)

Jelas pada hadist diatas, bahwa sholat tahajud dapat menjadi sarana pengobatan terbaik untuk berbagai penyakit. Sehingga mendirikan tahajud akan menjadikan daya tahan tubuh menjadi kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Itulah diatas berbagai keutamaan atau faedah yang akan didapatkan bagi seseorang yang telah mendirikan sholat malam atau sholat tahajud.

Sulit bangun tahajud?

Banyak yang masih sulit bangun malam untuk melaksanakan sholat tahajud ini, padahal sebelumnya sudah diniatkan dan alarm pun sudah berbunyi berkali-kali tapi tetap saja tubuh enggan dan cenderung malas.

Kejadian malas bangun malam ini bisa menjadi tanda Allah SWT masih enggan untuk memuliakan hamba-Nya, karena fungsi sholat tahajud adalah untuk memuliakan seseorang.

Sufyan Ats-Tsauri berkata, “Saya pernah tidak bisa menjalankan sholat Tahajud selama lima bulan. Hanya karena satu dosa yang dulu aku lakukan.”

Seseorang datang kepada Imam Ghazali untuk menanyakan kepada beliau mengenai sesuatu yang menyebabkannya tidak bisa bangun malam untuk mengerjakan sholat. Beliau menjawab, “Dosa-dosamu telah membelenggumu.”

Ternyata karena terdapat faktor dosa bisa menjadikan seseorang sulit untuk dapat melaksanakan sholat tahajud. Dan juga beberapa faktor lain pun menurut ulama dapat menjadikan sholat tahajud ini sulit untuk didirikan.

Beberapa diantara faktor tersebut adalah lemahnya iman, sebab jika seorang hamba cinta kepada Rabb nya, pasti ia akan rindu untuk menghadap-Nya di penghujung malam.

Ternyata untuk dapat melaksanakan sholat tahajud ini dibutuhkan ilmu, karena awam terhadap ilmu agama bisa menjadikan seseorang menjadi tidak tahu manfaat dan hikmah pada sholat tahajud.

Oleh karena itu untuk dapat mendirikan sholat tahajud, seseorang harus memiliki ilmu dan menjauhi dosa. Hal ini dengan tujuan agar Allah SWT ridho dan dapat mempermudah hamba-Nya untuk mendapatkan kemuliaan-Nya.

Wallahu’alam

Baca juga: Dengan Tamasia, Cara Mudah Investasi Emas

Beli template Wordpress premium Indonesia
  • Bagikan

Komentar