Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting

Manajemen Portofolio Proyek, Tantangan dan Keuntungannya

  • Bagikan
manajemen portofolio proyek
manajemen portofolio proyek. Pexels.com

Saat ini banyak organisasi yang mempunyai proyek yang dijalankan, namun setiap proyek yang dipilih harus sesuai dengan kriteria dan tujuan organisaasi. Mengelola portofolio proyek sangat membantu organisasi dalam mengkategorikan proyek dan menyelaraskan proyek dengan tujuan organisasi mereka. Setiap proyek yang dijalankan perlu dievaluasi secara teratur untuk memastikan proyek tersebut berjalan dengan baik dan memenuhi target sehingga proyek tersebut membawa hasil yang diharapkan.

Manajemen portofolio merupakan proses manajemen dalam membuat keputusan dan kebijakan investasi, mencocokkan investasi dengan tujuan, mengalokasi aset untuk individu dan institusi, dan menyeimbangkan risiko terhadap kinerja. Manajemen portofolio adalah tentang menentukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pilihan hutang dan ekuitas, domestik dan internasional, pertumbuhan dan keamanan, dan banyak trade-off lainnya yang dihadapi dalam upaya memaksimalkan laba.

Dengan memilih proyek yang tepat dan memastikan ada sumber daya untuk menyelesaikannya, organisasi mendapatkan keunggulan kompetitif. Tetapi dengan sumber daya yang terbatas dan peluang proyek yang melimpah, organisasi dan kantor manajemen proyek berjuang dalam mengidentifikasi proyek, mengidentifikasi program, menyeleksi, melaksanakan dan merealisasi manfaat.

Manajemen portofolio proyek begitu penting karena untuk membantu organisasi dalam memperoleh informasi dan memilah proyek sesuai dengan kriteria, serta menentukan bauran sumber daya yang optimal untuk pengiriman dan menjadwalkan kegiatan agar mencapai tujuan operasional dan keuangan organisasi dengan sebaik-baiknya, sekaligus menghormati keinginan yang dipaksakan oleh pelanggan, sasaran strategis, atau faktor dunia nyata eksternal. MPP sangat penting untuk sebuah proyek menjadi sukses dan berjalan dengan baik sesuai dengan target dan tujuan.

Manajemen portofolio proyek membantu proyek perencanaan kepemimpinan dan memprediksi hasil. Untuk merencanakan secara efektif, Manajer Proyek menggunakan alat manajemen portofolio proyek seperti perangkat lunak manajemen portofolio proyek, alat analisis skenario dan spreadsheet, selain perangkat lunak lain yang digunakan oleh manajer proyek. Selain itu terdapat teknik untuk mengukur manajemen portofolio proyek yang bertujuan untuk mendukung proses pelaksanaan manjement portofolio proyek. Teknik yang digunakan harus dilakukan dengan pertimbangan dan tujuan organisasi. Untuk menentukan keberhasilan suatu proyek semua manager proyek harus bersungguh-sungguh dalam menjalankan proyek dan memiliki kesadaran guna mencapai target dan tujuan dari organisasi.[2]

Dalam MPP, usulan proyek akan dinilai berdasarkan kriteria-kriteria strategi dan proyek akan disaring dengan membandingkan nilai strategis dengan batas penyaringan. Sasaran yang ingin dicapai melalui analisis ini adalah terjaminnya portofolio proyek terpilih merefleksikan strategi dan seluruh proyek sesuai dengan strategi. Strategi itu sendiri merefleksikan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan dimasa yang akan datang.

Untuk menjamin portofolio proyek terpilih sesuai dengan strategi, kriteria strategi akan diintegrasikan ke dalam tool pemilihan proyek. Tool yang digunakan dalam analisis strategis salah satunya adalah AHP dan scoring model. Tool ini dapat membantu proses-proses yang akan dijalankan dalam tahap.[3]

Keluaran dari tahap ini adalah portofolio proyek yang mempunyai tingkat kesesuaian proyek dengan kriteria strategi yang diinginkan, selain proyek yang bersifat wajib. Penyaringan proyek yang dilakukan ini akan dapat menghilangkan proyek-proyek yang tidak sesuai dengan strategi.

Daftar Pustaka

[2] W. Salasi Nindyanti J, “Manajemen portofolio proyek,” 2017. https://students.warsidi.com/2017/06/pengertian-manajemen-portofolio-proyek.html.

[3] Y. Y. Wibisono and H. Trindira, “Pemilihan Portofolio Proyek Berdasarkan Kreteria Strategi dengan Bantuan Sistem Pendukung Keputusan,” 2004, pp. 19–27.

Beli template Wordpress premium Indonesia
  • Bagikan

Komentar