Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting

Definisi Program dan Proyek Portofolio

  • Bagikan
Manajemen Proyek Portofolio
Manajemen Proyek Portofolio. Pexels.com

Apa itu program? Apa itu proyek portofolio? Diskusikan hubungan antara proyek, program, dan manajemen portofolio dan kontribusi yang diberikan masing-masing untuk kesuksesan perusahaan.

Program adalah sekelompok proyek, subprogram, dan kegiatan program terkait yang dikelola dengan cara terkoordinasi untuk memperoleh manfaat dan kendali yang tidak tersedia dari pengelolaannya secara individual.[1, p. 17] Sedangkan proyek portofolio adalah di mana organisasi mengelompokkan dan mengelola proyek dan program sebagai portofolio investasi yang berkontribusi pada kesuksesan seluruh perusahaan.

Managemen portofolio dalam hal ini manajer portofolio akan membantu organisasi untuk membuat keputusan investasi yang bijaksana dengan membantu memilih dan menganalisis proyek dari perspektif strategis. Manajer portofolio bisa jadi memiliki atau tidak memiliki pengalaman sebelumnya sebagai manajer proyek atau program tapi yang paling penting adalah manager portofolio harus memiliki keterampilan keuangan dan analitis yang kuat dan memahami bagaimana proyek dan program dapat berkontribusi untuk memenuhi tujuan strategis. Tepatnya hal ini untuk mengetahui apakah perusahaan bekerja pada proyek yang benar atau apakah perusahaan sudah berinvenstasi pada area yang tepat.

Banyak organisasi menggunakan pendekatan yang lebih disiplin terhadap manajemen portofolio dengan mengembangkan pedoman dan perangkat lunak untuk membantunya. Project Management Institute pertama kali menerbitkan Model Organisasi Maturitas Manajemen Proyek (OPM3) pada tahun 2003. OPM3 menjelaskan pentingnya tidak hanya mengelola proyek atau program individu dengan baik tetapi juga pentingnya mengikuti manajemen proyek organisasi untuk menyelaraskan proyek, program, dan portofolio dengan tujuan strategis. OPM3 adalah standar yang dapat digunakan organisasi untuk mengukur kematangan manajemen proyek organisasi mereka terhadap serangkaian praktik terbaik yang komprehensif.

Manajemen portofolio proyek bukanlah tugas yang mudah. Butuh satu pendekatan untuk manajemen portofolio proyek di mana satu portofolio besar ada untuk seluruh organisasi. Hal ini memungkinkan manajemen puncak untuk melihat dan mengelola semua proyek di tingkat perusahaan. Bagian dari portofolio kemudian dipecah untuk meningkatkan manajemen proyek di setiap sektor.

Hubungan antara portofolio, program, dan proyek sedemikian rupa sehingga portofolio mengacu pada kumpulan proyek, program, subportofolio, dan operasi yang dikelola sebagai suatu kelompok untuk mencapai tujuan strategis. Program dikelompokkan dalam portofolio dan terdiri dari subprogram, proyek, atau pekerjaan lain yang dikelola secara terkoordinasi untuk mendukung portofolio. Proyek individu yang berada di dalam atau di luar program masih dianggap sebagai bagian dari portofolio. Meskipun proyek atau program dalam portofolio mungkin tidak selalu saling bergantung atau terkait langsung, mereka terkait dengan rencana strategis organisasi melalui portofolio organisasi.

Daftar Pustaka

K. Schwalbe, Information Technology Project Management 8e, 8 Edition. Boston USA: Cengage Learning USA, 2016.

Beli template Wordpress premium Indonesia
  • Bagikan

Komentar