Aplikasi Pembayaran Tagihan Air
Aplikasi Pembayaran Tagihan Air
Belajar Ngoding di Channel Sekolah Otodidak
Kisah  

Kisah Utsman bin Affan Sang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Kisah sahabat Nabi Muhammad SAW

template wordpress
Sewa Hosting

Beliau adalah laki-laki yang hebat. Memiliki nama besar dalam sejarah dunia. Namun capaiannya tidak banyak dikisahkan. Tidak seperti Abu Bakar dan Umar bin al-Khattab radhiallahu ‘anhuma. Bukan berarti capaiannya kalah mentereng dari kedua pendahulunya.

Beliau juga pahlawan dalam arti sebenarnya. Beliau adalah Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu. Utsman bin Affan adalah salah seorang yang paling pertama menerima Islam, beriman kepada Rasulullah, dan mendukung perjuangan Baginda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Disebutkan bahwasanya Utsman bin Affan adalah laki-laki keempat yang menerima dakwah Islam. Utsman bin Affan terkenal dengan sifat malu dan kemurahan hati yang tak berujung.

Diriwayatkan, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam berbaring di rumahnya sementara bagian dari kaki Nabi terlihat. Abu Bakar meminta izin untuk masuk, Nabi  Shallallahu ‘alaihi wasallam mengizinkannya dan berbicara dengannya. Kemudian Umar bin al-Khattab meminta izin masuk, Nabi juga mengizinkannya dan berbicara kepadanya. Lalu Utsman bin Affan meminta izin masuk, lalu Nabi ﷺ duduk dan merapikan pakaiannya. Utsman pun diizinkan masuk dan Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam berbicara kepadanya. Ketika Utsman pergi, Ummul Mukminin Aisyah radhiallahu ‘anha bertanya, “Abu Bakar datang Anda tidak bergerak. Umar datang Anda tidak juga bergerak, tapi ketika Utsman datang, Anda duduk dan merapikan pakaian Anda?” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Apakah aku tidak merasa malu dengan seorang laki-laki yang para malaikat saja merasa malu?” (HR. Muslim, hadis: 2401)

Sewa Hosting
BACA  Kisah Nabi Muhammad Dirindukan Pemuda Yahudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *