COVID Bukan Aib Yang Harus Ditutupi

  • Bagikan
Isolasi Mandiri
Isolasi Mandiri. Foto oleh Tanya Gorelova dari Pexels

Pandemi COVID 19 sudah berlangsung bertahun-tahun, sudah banyak usaha gigih dari berbagai kalangan untuk menekan penyebaran virus ini dan menekan angka kematian. Hampir semua lokasi di muka bumi sudah terjamah oleh virus corona dan bahkan sudah masuk pada cluster keluarga. Satu orang saja anggota keluarga yang terkena virus covid ini, jika tidak ditangani dengan benar kemungkinan besar anggota keluarga yang lain juga akan terpapar.

Bagi sebagian kalangan masih ada yang enggan bahkan malu untuk jujur jika sudah merasakan gejala-gejala virus corona. Keadaan ini dominan didorong rasa takut akan dikucilkan oleh masyarakat dan menjadi buah bibir. Sejatinya dampak pada masyarakat untuk menjauhi orang-orang yang sudah terpapar merupakan langkah antivatif dalam rangka menekan penyebaran virus dan menerapkan social distancing.

Kejujuran adalah hal penting untuk membantu keadaan menjadi lebih baik, dan untuk setiap pribadi yang merasakan gejala-gejala virus corona agar langsung datang ke pusat layanan kesehatan untuk mengecek dan memastikan terpapar atau tidaknya. Hal ini sangat penting, karena sikap tanggap ini akan membantu orang lain tidak terpapar oleh virus corona.

Bantulah orang-orang yang terkena virus corona dengan kerjasama
Usaha positif yang sudah terlihat pada sebagian kalangan masyarakat dengan membantu orang-orang yang terpapar virus patut untuk dicontoh oleh masyarakat lainnya. Support bagi mereka yang diwajibkan isolasi mandiri di rumah akan menjadi energi positif dan mempercepat penyembuhan. Tindakan real support ini antara lain bisa berupa mengirimkan makanan, mendoakan dan tidak menjadikan mereka sebagai buah bibir yang jika terdengar akan membuat drop.

Untuk meningkatkan imun, para pasien corona akan diminta untuk berusaha menjaga rasa semangat dan positive thingking. Pikiran-pikiran yang menekan dan meresehkan diminta untuk jauh-jauh dibuang karena tidak baik untuk kesehatan tubuh. Semoga virus corona ini dapat berangsur-angsur berkurang dan berharap dapat hilang walaupun diprediksi masih akan tetap ada. Dengan kerjasama dan edukasi yang baik, virus ini kemungkinan besar akan dapat ditangani dengan baik.

  • Bagikan

Komentar