Indonesia Berduka, Banyak Ulama Meninggal Dunia Di Tahun 2020

  • Bagikan
Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia
Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia

Dilansir melalui situs CNN Indonesia, pada tahun 2020 berdasarkan data dari RMI PBNU sampai dengan tanggal 8 Desember 2020 mencatat 207 ulama telah meninggal dunia. Ulama-ulama ini merupakan pengasuh di beberapa pondok pesantren di Indonesia dan meninggal diakibatkan karena terpapar virus corona atau Covid-19. Baca: COVID Bukan Aib Yang Harus Ditutupi

Di bulan pertama pada tahun 2021, datang kabar duka dengan meninggalnya Syekh Ali Jaber seorang ulama dan dai kondang. Hal ini sontak membuat banyak orang sedih khususnya umat Islam yang merasakan banyak kehilangan ulama-ulama yang selama ini selalu memberikan ceramah dan tausiyah ajaran Islam.

Indonesia, Pesantren, Ulama & Santri
Pesantren di Indonesia sudah lama hadir dan didirikan oleh para ulama untuk mengajarkan berbagai ilmu kepada santri-santri. Saat ini pesantren sudah berkembang baik dari segi jumlah, materi dan bahkan sistem. Pesantren merupakan pencetak ulama-ulama besar di Indonesia, maka tak heran kiprahnya di berbagai bidang tidak di ragukan lagi, mulai zaman perjuangan hingga saat ini, pesantren merupakan garda terdepan.

Pesantren di Indonesia terdapat dua jenis yaitu pesantren salafi dan pesantren modern. Pesantren salafi lebih banyak mempelajari ilmu-ilmu dari kitab kuning, sedangkan pesantren modern dikembangkan lagi sistem pendidikannya dan mengikuti jenjang pendidikan formal. Penyampaiannya materi pelajarannya pun dilakukan dengan multi bahasa; baik Arab, Inggris dan Indonesia.

  • Bagikan

Respon (1)

Komentar