Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting

Pamsimas Jaya Di Ujung Pulau Jawa

  • Bagikan
Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon

baniakoy.com – PAMSIMAS merupakan salah satu program Pemerintah RI yang bertujuan meningkatkan akses masyarakat terhadap sarana air minum dan sanitasi yang layak. Pamsimas mendorong masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup yang sehat.

Sebagai salah satu sumber vital, air merupakan kebutuhan yang urgen untuk memenuhi hajat masyarakat sehari-hari; tanpa air dipastikan masyarakat akan kesulitan dalam beraktivitas. Oleh karena itu kehadiran Pamsimas menjadi salah satu jawaban untuk membantu masyarakat dalam memanfaatkan dan mengelola sumber air yang tersedia secara baik dan berkelanjutan.

Pamsimas telah tersebar di seluruh desa-desa yang ada di Indonesia, salah satunya desa yang berada di ujung pulau Jawa bagian Barat yaitu Desa Ujung Jaya dan Desa Tamanjaya yang berada di wilayah Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

Di ujung Pulau Jawa ini, dan di kelilingi Taman Nasional Ujung Kulon, kegiatan Pamsimas telah dilaksanakan dengan memanfaatkan sumber air berupa mata air. Pamsimas telah membangun sarana reservoir untuk menampung air dan menyalurkannya langsung ke rumah-rumah warga dengan sistem Sambungan Rumah (SR).

Dengan hadirnya Pamsimas di desa paling ujung di Pulau Jawa ini yang notabene merupakan tempat habitat hewan badak berkembang biak, menjadikan Pamsimas telah berjaya di ujung pulau Jawa bagian Barat.

Semoga kehadiran Pamsimas dapat membantu masyarakat dan terus berkembang dalam pengelolaan SPAM nya sehingga semua masyarakat mendapatkan akses sarana air minum.

Dengan menggunakan pola pemberdayaan masyarakat, diharapkan kehadiaran Pamsimas dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat cara mengelola air dengan baik.

Baca juga: Definisi Proyek dan Atribut Utamanya

Beli template Wordpress premium Indonesia
  • Bagikan

Komentar