Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Jasa desain web di banten

Beasiswa S1/D4 Program Bangkit

Program Bangkit Kampus Merdeka
Program Bangkit Kampus Merdeka. Gambar website Bangkit.

Para mahasiswa aktif S1 & D4 bisa mengikuti program kampus merdeka. Program yang tersedia merupakan studi independent. Salah satunya adalah program bangkit.

Program bangkit adalah program yang bisa diikuti oleh mahasiswa dimana pada program bangkit terdapat beberapa materi yang cukup luar biasa untuk dipelajari.

Program bangkit bisa dilihat informasinya dengan cara membuka website bit.ly/ikutbangkit2022. Pada website tersebut dijelaskan bahwa program bangkit dirancang untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan dan sertifikasi teknologi.

Program Bangkit diinisiasi oleh Google dan dinaungi oleh program kampus merdeka yang didukung oleh perusahaan besar seperti GOTO, GOJEK, Tokopedia, Traveloka, dan Deeptech.

Program Bangkit memiliki kurikulum yang menawarkan 3 jalur pembelajaran interdisipliner – pembelajaran mesin, pengembangan seluler, dan komputasi awan.

Pada akhir program ini, akan dilengkapi juga dengan keahlian teknologi dan soft skill yang sangat dibutuhkan untuk berpindah dari dunia akademis ke tempat kerja dan sukses di perusahaan terkemuka.

Program Bangkit 2022 akan menumbuhkan talenta teknologi kelas dunia di Indonesia bersama Kampus Merdeka. Tahun ini, Bangkit ditawarkan sebagai program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka yang disetujui dan didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kuota pendaftar hingga 3.000 mahasiswa di 3 jalur pembelajaran untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di bidang teknologi dan mempersiapkan mereka untuk mengikuti sertifikasi Google. Program ini berlangsung sepanjang semester genap 2022.

Jalur belajar yang bisa dipilih

  • Machine learning : Mempelajari konsep dan aplikasi utama AI untuk memecahkan berbagai masalah ML.
  • Mobile development : Mempelajari konsep dasar dan keterampilan inti untuk memulai karir Anda sebagai pengembang Android profesional.
  • Cloud computing : Mempelajari dasar-dasar komputasi awan untuk menerapkan aplikasi, memantau operasi, dan mengelola solusi perusahaan.
BACA  Jadwal Keberangkatan Bus Damri Serang - Bandara

Alasan kenapa harus ikut Bangkit

Berikut beberapa informasi yang mendukung Anda kenapa harus ikut Bangkit.

  • Akan mendapatkan hingga 20 kredit universitas (SKS) yang bisa di konversi perkuliahan selama satu semester di kampus Anda pada masing-masing prodi universitasnya. Sebagai catatan, karena program Bangkit tidak memberikan garansi terkait konversi 20 sks ini, maka silahkan bicarakan terlebih dahulu dengan dosen pembimbing dan pimpinan prodi. Namun demikian, Dikti telah menyetujui Bangkit sebagai program Kampus Merdeka dan merekomendasikan Perguruan Tinggi untuk memberikan 20 SKS bagi mahasiswa yang menyelesaikan program tersebut. Anda harus mendapatkan izin dari universitas Anda sebelum mendaftar di Bangkit, dan konfirmasi Kredit sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda.
  • Jika lulus Anda akan mendapatkan sertifikasi internasional dari Google untuk membuktikan keahlian Anda untuk setiap pembelajaran yang dipilih. Untuk lebih jelasnya berikut informasi tentang sertifikat https://developer.google.com/certification.
  • Walaupun program Bangkit tidak menjamin Anda mendapatkan pekerjaan setelah lulus, namun Anda dapat mengikuti Bangkit Career Fair yang akan diikuti oleh banyak perusahaan besar. Jadi pastikan Anda percaya diri dengan ilmu yang sudah dimiliki disertai dengan sertifikat yang telah diperoleh dari Google.
  • Kesempatan untuk menjadi salah satu dari 15 tim terpilih untuk menerima dana inkubasi untuk proyek Anda.

Berapa lama Program Bangkit

Program Bangkit akan berjalan selama 20 minggu mulai bulan Februari hingga Juli 2022 kurang lebih akan menghabiskan kurang lebih 900 jam belajar yang akan dilakukan secara daring atau online.

Siapa yang boleh ikut program Bangkit

  • Memenuhi semua prasyarat khusus seperti memiliki laptop dengan spesifikasi minimum dan lain-lain.
  • Sarjana aktif (Mahasiswa D4/S1) menyelesaikan studi minimal 5 semester di universitas terakreditasi (S1) atau politeknik di Indonesia (D4), dan bisa diikut oleh mahasiswa jurusan IT dan non IT kecuali jurusan kesehatan.
  • Mampu memberikan persetujuan universitas dan surat komitmen yang di tanda tangani oleh pembimbing atau prodi untuk menyetujui program Bangkit (tautan akan diberikan).
  • Mampu melakukan 40+ jam kegiatan kursus (penuh waktu) per minggu, dan menyelesaikan semua tugas dalam satu semester penuh.
  • Pendaftaran penuh waktu saja. Tidak ada kegiatan paruh waktu/penuh waktu lainnya yang diperbolehkan (bekerja, magang, program pengabdian masyarakat, sukarela, dll) selama Periode Bangkit 2022.
  • Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris lisan dan tulisan. Anda tidak perlu khawatir jika belum fasih bahasa Inggris karena pada program Bangkit ini juga akan diajarkan materi bahasa Inggris.
BACA  Ayo Buruan Daftar Beasiswa Pendidikan Indonesia

Bagaimana cara daftarnya

  • Buka bit.ly/ikutbangkit2022
  • Klik tombol Apply now
  • Ada 6 tahapan proses pendaftaran yang harus dilakukan, seperti dijelaskan pada application process dibawah ini.

Application Process

  • Step 1 : Isi form pendaftaran minat. Jika nama kampus tidak tertera bisa memilih other. Jika Anda eligible maka akan ada email masuk ke inbox email Anda dan bisa melanjutkan step selanjutnya.
  • Step 2 : Persiapan assesment meliputi tes teknologi, personal test, lalu mengirim surat komitmen dan surat persetujuan dari kampus yang ditanda tangani oleh pimpinan prodi dan pembimbing.
  • Step 3 : Mengikut test assesment 1 dan 2 meliputi test pengetahuan sesuai jalur pembelajaran yang dipilih dan psikotest.
  • Step 4 : Lakukan submit surat komitmen dan persetujuan kampus. Ini untuk membuktikan bahwa universitas Anda tahu bahwa Anda mendedikasikan semester berikutnya sepenuhnya untuk Bangkit.
  • Step 5 : Melakukan registrasi di Kampus Merdeka.
  • Step 6 : Tunggu pengumuman melalui email. Kelas pembelajaran akan dimulai pada tanggal 14 Februari 2022.

Jadwal pendaftaran

Sampai dengan tanggal 31 Desember 2021.

template wordpress

Komentar