Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Wisata Arung Jeram Banten Rafting
Jasa desain web di banten

Organisasi Dan Proses Bisnis

Mengetahui organisasi dan proses bisnis
Mengetahui organisasi dan proses bisnis. Foto oleh fauxels dari Pexels

Pada artikel ini akan dijelaskan tentang apa itu organisasi dan proses bisnis. Apakah ada keterkaitan diantara keduanya atau sesuatu yang berbeda sehingga tidak bisa di satu padu kan. Jawabannya tentu organisasasi dan proses bisnis adalah hal saling terikat erat sehingga membutuhkan pemahaman yang baik agar tujuan dari organisasi dapat tercapai melalui proses bisnis yang dibangun dengan baik.

Layaknya suatu proses sistem, maka dengan metode proses bisnis yang jelas semua organ akan berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan dalam proses bisnisnya. Digambarkan dengan flowchart, proses bisnis akan dapat diketahui proses yang akan berjalan sesuai dengan sistem yang dibangun.

Sehingga proses bisnis merupakan serangkaian langkah yang saling terkait yang ditugaskan kepada setiap pemangku kepentingan untuk pekerjaan tertentu untuk memberikan produk atau layanan kepada pelanggan. Setiap pemangku kepentingan melakukan tugas khusus yang menjadi spesialisasi mereka untuk mencapai tujuan konkret. Langkah-langkah ini sering diulang berkali-kali oleh banyak pengguna dengan cara standar dan dioptimalkan.

Apa itu organisasi?
Untuk dapat menelaah secara seksama, organisasi dapat dikaji melalui beberapa hal diantaranya organisasi dari sudut arti atau meaning, lalu definisinya, serta konsep dan karakteristiknya.

Meaning of Organization
Arti kata dari organisasi adalah kumpulan sumber daya yang bekerja sama entah bagaimana untuk mencapai tujuan bersama.

Definition of Organization
Sedangkan definisi dari organisasi adalah sebuah unit sosial dari orang-orang yang terstruktur dan dikelola untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mengejar tujuan kolektif. Semua organisasi memiliki struktur manajemen yang menentukan hubungan antara aktivitas yang berbeda dan anggota, dan membagi dan menetapkan peran, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan tugas yang berbeda. Organisasi adalah sistem terbuka yang mereka pengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungannya.

BACA  Manfaat E-Commerce Untuk Bisnis Anda

Concept of Organization
Organisasi dari sudut konsep dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Ada berbagai jenis organisasi hukum, termasuk perusahaan, pemerintah, organisasi non-pemerintah, organisasi politik, organisasi internasional, angkatan bersenjata, badan amal, perusahaan nirlaba, kemitraan, koperasi, dan lembaga pendidikan.
  • Organisasi juga dapat beroperasi secara rahasia atau ilegal dalam kasus perkumpulan rahasia, organisasi kriminal, dan gerakan perlawanan
  • Perkumpulan sukarelawan adalah organisasi yang beranggotakan para sukarelawan. Organisasi tersebut mungkin dapat beroperasi tanpa formalitas hukum, tergantung pada yurisdiksi, termasuk klub informal atau badan koordinasi dengan tujuan dalam pikiran yang dapat mereka ungkapkan dalam bentuk manifesto, pernyataan misi, atau secara informal tercermin dalam apa yang mereka lakukan karena ingat setiap tindakan yang dilakukan oleh suatu organisasi baik legal maupun ilegal mencerminkan tujuan dalam pikiran.

Characteristics of Organization
Organisasi bukanlah dokumen yang membuatnya resmi tetapi untuk menjadi sebuah organisasi harus ada empat hal diantaranya:

  • Sebuah tujuan dalam pikiran
  • Seorang pemimpin atau komite yang membuat keputusan
  • Tindakan yang terlibat
  • Komunikasi dan anggota

Review Question
Jika sudah memahami tentang organisasi berdasarkan penjelasan diatas, sekarang silahkan coba lakukan hal-hal berikut agar dapat lebih dalam untuk memahami organisasi pada kehidupan sekitar.

  • Sudahkah melakukan identifikasi satu organisasi formal di sekitar kita.
  • Sudahkan melakukan identifikasi organisasi mana yang menurut Anda menciptakan ‘manusia’ menjadi lebih ‘manusiawi’?
  • Silahkan jelajahi organisasi yang mencerminkan identitas unik Indonesia.
template wordpress

Komentar